Headlines News :
Home » » Usaha Smpingan Remaja

Usaha Smpingan Remaja

Written By Christin Isabella on Senin, 11 September 2017 | September 11, 2017

Usaha Smpingan Remaja

Siswa berpenghasilan


Ide-Ide Cemerlang untuk Remaja


Usia memang bukan penentu dalam memulai sebuah bisnis. Meskipun anda tergolong muda, bahkan masih cenderung anak-anak, anda memiliki kesempatan yang sama dengan orang dewasa untuk memulai sebuah bisnis. Namun seringkali orang tua anda yang menghalangi niat untuk berbisnis. Mereka beranggapan bahwa usia yang terlalu kecil membuat anda tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik.
Nah inilah saatnya anda merubah pola fikir orang tua anda. 
 Tunjukkan bakat yang anda miliki dan mencoba bicara dengan baik, yakinkan mereka agar percaya. Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai bisnis ini mengganggu program pendidikan formal anda ya! 

Sovenir buatan tangan 

Sepulang sekolah atau kuliah, tentunya anda akan memiliki banyak waktu luang. Juga, tidak mungkin anda berada disekolah seharian kecuali jika ada event khusus bukan? Di waktu luang yang anda miliki ini, daripada jalan-jalan menghamburkan uang, atau bersantai di kamar tidur tanpa melakukan apapun, lebih baik anda membuka jasa pembuatan souvenir.

Pekerjaan ini pun dapat dilakukan dengan santai sambil mendengarkan musik di dalam kamar, atau sambil bersantai menonton televisi. Tentu saja, sebelum membuka usaha sovenir buatan tangan, anda harus belajar cara-cara membuat sovenir serta mencari inspirasi dari internet, majalah, dan lainnya. Coba tawarkan jasa ini ke teman-teman terdekat atau saudara yang hendak mengadakan sebuah event. 

Social marketing

Sebagai anak muda jaman sekarang, apalagi anda juga membaca artikel ini, tentunya pasti mengenal internet. Social media adalah sebuah “mainan” yang sudah sangat lazim dipakai oleh setiap anak muda. Dari social media tersebut, anda juga bisa menjalankan sebuah jasa marketing via social media. Pekerjaan ini tergolong mudah, apalagi anda sudah mengenalinya sejak awal. 

Dalam memulai usaha ini, tentu anda harus rajin mengikuti kabar terbaru yang beredar di social media. Contohnya saja teknik marketing yang paling efektif sekarang ini, apa lelucon, panggilan, atau singkatan yang sedang naik daun di masyarakat. Tawarkan jasa anda pada bisnis yang berskala kecil dengan menjadi operator di akun instagram, twitter, serta facebook. 


Pencuci mobil

Apakah anda sering melihat mobil tetangga atau beberapa mobil di kampus kotor? Cobalah menawarkan jasa pencucian mobil kepada mereka. Mungkin saja anda juga bisa menawarkan jasa ini kepada orang tua sendiri. Tentunya, sebagai anak mereka, tentu anda akan dipekerjakan tanpa syarat. 

Berikan harga yang lebih murah serta terjangkau daripada salon mobil pada umumnya. Jangan memasang harga sama, karena mereka akan lebih memilih untuk membersihkan mobil di salon. Jika anda mampu membersihkan mobil sampai mengkilat serta cepat, tentu orang akan suka dalam memakai jasa tersebut. 


Berjualan kue kering

Remaja umumnya suka camilan ringan untuk menemani mereka dalam mengerjakan tugas, atau belajar dalam menghadapi ujian kampus. Selain itu, camilan sangat disukai oleh anak kos karena harganya yang relatif murah. Merupakan peluang yang sangat cemerlang bagi anda untuk membuka sebuah usaha kue kering atau camilan lainnya seperti keripik kentang. 

Coba pelajarilah cara-cara membuat camilan dari YouTube atau yang lainnya. Apabila anda menjual camilan, caranya cukup mudah. Anda cukup membeli bahan mentah dari pasar kemudian menggoreng dan memberikan bumbu-bumbu tertentu. Kemudian, cukup membungkusnya dengan plastik yang rapat sebelum dijual. 

Sedangkan kue kering, memang diperlukan sebuah latihan atau pelajaran khusus dari awal karena memerlukan teknik tertentu. Bila anda hanya iseng-iseng saja dan tidak serius dalam menjalankan bisnis ini, ada cara yang mudah. Cukup belilah adonan yang sudah jadi di supermarket untuk membuat kue tersebut. Tetapi, ingatlah cara ini akan mudah ditiru orang. 


Menawarkan jasa bantuan

Terkadang, tetangga anda akan mengadakan sebuah event mendadak yang berlokasi dirumahnya. Dalam mengadakan sebuah event, banyak hal yang perlu disiapkan oleh pemilik rumah. Melihat hal ini, anda bisa menawarkan jasa bantuan kepada mereka untuk memperingan pekerjaan. Lumayan kan, tanpa memerlukan apapun, anda bisa mengantongi sejumlah uang.


Desain perhiasan

Apabila anda suka dengan dunia fashion serta suka desain, cobalah menjadi seorang desainer, terutama desain perhiasan. Sebagai poin tambahan dan membedakan anda dari toko lainnya, coba tawarkan customized desain kepada pelanggan anda. Cari tahu apa yang mereka sukai serta desain apa yang diinginkan, kemudian buatlah sebuah desain baru yang menggambarkan keinginan pelanggan tersebut. 

Dalam eksekusi atau pembuatan perhiasan tersebut, cobalah bekerja sama dengan toko-toko lokal atau pengrajin perhiasan di kota anda. Apabila sudah memiliki cukup modal, barulah kembangkan usaha tersebut dengan menyewa tempat dan membeli peralatan yang lebih memadai. 


Menjadi seorang blogger

Dunia blogger sekarang sangat booming di kalangan remaja. Jangan dikira menjadi blogger ini hanya sekedar menulis dan berbagi cerita saja. Blogger juga bisa mendapat uang saku yang jumlahnya cukup lumayan. Hal ini mungkin terjadi karena para pemilik usaha dapat meletakkan iklan mereka di blog yang sesuai. 

Tentu saja, anda harus merintis usaha ini dari awal dengan rajin menulis artikel di blog. Selain itu, tema dari blog anda sendiri juga harus jelas dan jangan tercampur aduk. Apabila berniat menulis tentang travelling, maka selamanya tulislah tentang travelling. Jangan mencampurnya dengan cerita pribadi, makanan, dan lain sebagainya yang tidak berhubungan. 

Pengiklan di blog juga tidak mau sembarangan dalam meletakkan iklan mereka di blog anda. Apabila blog tersebut benar-benar bagus, anda tinggal menunggu para perusahaan tersebut untuk mencari anda. Tinggalkan juga alamat e-mail di blog agar para pengiklan ini mudah dalam menghubungi anda. 

Penulis Freelance

Apabila anda suka menulis namun tidak ingin menjadi seorang blogger, anda juga dapat menjadi seorang penulis freelance. Namun, alangkah baiknya jika pekerjaan freelance ini disatukan dengan pekerjaan blogger. Uang yang ditambah pun menjadi lebih banyak. 

Sebagai langkah awal, coba bergabunglah dengan komunitas penulis freelance di internet. Darisitu, anda akan mendapatkan informasi pekerjaan freelance. Jangan terlalu muluk dalam melamar pekerjaan awal. Tentu anda harus mencari pengalaman dari yang paing bawah baru perlahan naik ke atas. 

Latihlah kemampuan menulis anda secara rutin dengan mengikuti pelatihan menulis yang diselenggarakan dikota anda. Sering-seringlah juga membaca buku-buku yang berkaitan dengan bidang tulisan yang ingin anda tulis. Coba minta saran didalam komunitas atau sesama penulis untuk mengembangkan kemampuan tulisan anda. 

anda bisa memilih pilihan diatas untuk anda jadikan usaha sampingan anda, tergantung kemampuan dan bakat anda, dan masih banyak usaha usaha lainnya yang bisa anda lakukan. 

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memiliki usaha sampingan sebagai pelajar

Nambah Uang Saku
Itu udah hal yang utama. Kalian kerja, kalian tentu mendapatkan tambahan uang yang membuat kalian bisa bernafas lebih tenang. Jumlah yang didapat biasanya lumayan banget untuk ukuran mahasiswa yang masih digunakan hanya untuk kebutuhan dirinya saja. Biasanya kalian akan dibayar berdasarkan lama waktunya bekerja misalnya per jam, per hari, atau per shift, jadi kebanyakan tidak ada gaji yang stabil.

Fleksibel Waktu Kerja
Kebanyakan dari kita takut kalo udah kerja nanti terganggu waktu kuliahnya. Ups…jangan salah. Banyak kok mereka yang mencari para pekerja part time dan menyediakan fasilitas fleksibel time. Jadi waktu kerja kalian disesuaikan sama jadwal kuliah kalian. Biasanya juga kalian akan diberikan dispensasi kalau misalnya ada ujian atau pun kepentingan kampus mendadak. Enak banget ‘kan?

Belajar Memasuki Dunia Kerja
Kami sudah menjadi seorang mahasiswa, artinya kamu sudah harus mulai berpikir dan bertindak dewasa. Walaupun kebanyakan orang tua masih menanggung biaya sekolah kalian hingga di tingkat perguruan tinggi tetapi setelah itu kalian akan terjun ke dunia kerja, lalu bagaimana? Apakah kalian bisa menerima perubahan secara spontan di dunia kerja yang pastinya lebih keras? Dengan merasakan kerja part time kalian akan belajar lebih awal untuk berada di dalam lingkungan kerja. Kalian akan merasakan apa dan bagaimana dunia kerja itu.

Belajar Menjadi Pribadi yang Mandiri
Kalian sudah bekerja part time dan mendapatkan hasil dari kerja keras kalian. Apakah kalian tidak bangga? Bahkan mungki kalian tidak perlu meminta uang untuk keperluan pribadi kalian kepada orang tua. Belajarlah menjadi mandiri sedikit demi sedikit sebelum nantinya kalian harus benar-bebar mandiri dan menanggung hidup orang tua kalian.

Pelajaran Untuk Manajemen
Jadi karena kalian udah kuliah sambil kerja, kalian harus bisa mengatur waktu dan prioritas kalian. Kalau kalian udah ngelamar kerja, kalian harus komitmen sama tanggung jawab kalian. Tapi jangan karena udah kerja kalian jadi lupain tugas dan hal pendidikan lainnya.

Nambah Pengalaman
Kalian akan tahu gimana susahnya cari uang. Kalian juga akan lebih menghargai cara menggunakan uang karena tahu gimana sulitnya cari uang.

Enak banget ya. Jangan malu sama teman kalau kalian kerja, justru kalian harus bangga karena udah bsia cari uang sendiri. Tetap prioritaskan kuliah dan tanggung jawab kalian ya. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Remaja Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template