Headlines News :
Home » » Remaja Kreatif

Remaja Kreatif

Written By Christin Isabella on Minggu, 10 September 2017 | September 10, 2017

Remaja Kreatif






Gambar 1.
Orang kreatif akan senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan dalam kehidupannya. Ia mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru dan berguna bagi pemecahan masalah.Baik gagasan itu belum pernah ada sama sekali, atau gagasan yang dikembangkannya dari hasil memodifikasi atau mengubah gagasan-gagasan yang sudah ada sebelumnya.Ia mampu membuat sesuatu yang baru dan menemukan cara baru. Baginya unending improvement.

Setiap orang tentunya ingin menjadi remaja yang cerdas dan kreatif. Untuk itu banyak sekali cara yang mereka lakukan agar dapat berkreasi, agar dapat mengembangkan bakat yang dimiliki. Karena kreatif dan cerdas adalah modal utama bagi seorang remaja untuk meraih masa depannya.
Sebanyak itu remaja yang ingin cerdas dan kreatif maka, sebanyak itulah ternyata remaja yang tidak mau mengembangkan bakat yang mereka miliki dan mengasah potensi diri mereka. Banyak sekali alasan yang mereka tuturkan. lantas apa faktor yang menyebabkan kurangnya minat generasi muda khususnya remaja untuk mengembangkan bakatnya.

Pertama kebanyakan dari mereka sebelum memulai pekerjaan sudah bilang nggak bisa. kata-kata inilah yang sering terlontar dari mulut remaja ketika akan memulai suatu pekerjaan. Mereka seringkali tidak percaya dengan kemampuan yang mereka miliki dengan kata lain mereka kurang percaya diri. Inilah yang dinamakan dengan kalah sebelum berperang. seperti inikah mental generasi muda kita?.

Kedua, faktor yang membuat tidak kreatif adalah belum mencoba sudah bilang nggak mau. Bahkan ini yang lebih parah lagi mereka tidak mau mencoba untuk melakukan hal-hal yang berbau positif dan mengembangkan kemampuan mereka. tidak jarang sekali kita mendengar ucapan gengsi dari remaja ketika melakukan pekerjaan yang padahal yang membuat mereka kreatif. lalu kegiatan apakah yang sebenarnya mereka inginkan yang tidak membuat mereka gengsi?.

Ketiga adalah kurangnya kesadaran generasi muda untuk berkreasi, mereka lebih cenderung mengahabiskan waktu mereka dengan hal-hal yang tidak berguna. Banyak sekali kita lihat remaja yang enggan untuk mengisi waktu mereka dengan hal yang bermanfaat. Padahal semestinya di waktu muda inilah kesempatan kita untuk banyak berkreatifitas. Dengan beraktifitas bisa membantu kita untuk membagi waktu. misalnya waktu kita yang terbuang sia-sia bisa kita manfaatkan. Disamping itu dengan beaktifitas jadwal kita akan lebih teratur, sehingga kita terbiasa untuk hidup disiplin
Bagaimanakah seharusnya agar menjadi remaja yang kreatif dan cerdas?. Caranya ialah dengan cara mencari jati diri kita. Pada saat sekarang ini kita remaja dalam proses pencarian jati diri. maka dari itu jangan gengsi untuk melakukan berbagai kegiatan yang belum kita lakukan karena siapa tahu dari kegiatan coba-coba tersebut kita menemukan bakat kita yang terpendam. tapi, ingat kegiatan yang kita lakukan haruslah kegiatan yang positif. Jangan melakukan kegiatan coba-coba yang berbau negatif, karena bukannya menjadi remaja yang kreatif malahan menjadi remaja yang tidak bermoral.
Tidak sulit menjadi remaja yang kreatif. Hal ini tentunya berdasarkan dari keinginan teman-teman sendiri. Jika orang bisa kenapa kita nggak?. tapi ingat dalam melakukan kegiatan, sekolah tetap nomor satu, jangan sampai sekolah tinggal hanya gara-gara menekuni banyak kegiatan, ya percuma saja. Karena remaja yang kreatif itu adalah remaja yang bukan hanya sukses dalam berbagai kegiatan tapi juga sukses dalam urusan belajar disekolah.

Ada beberapa nilai penting kreativitas dalam kehidupan secara nyata sebagai berikut:

1. Adanya kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang baru yang berupa pikiran maupun karya nyata dalam mengerjakan persoalan hidup bagi orang kreatif. Dengan kreatifnya seseorang dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan. Dari potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja/karya, baik dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas.

2. Tingkat kualitas dari kinerja, karya, gagasan, dan perbuatan manusia dapat diantisipasi dari sejauh mana seseorang memiliki tingkat kreativitas tertentu.

3. Suatu karya kreatif sebagai hasil kreativitas seseorang dapat menimbulkan kepuasan pribadi yang tak terhingga nilainya. Kreativitas penting untuk mengembangkan semua bakat dan kemampuan individu dalam pengembangan prestasi hidupnya.

4. Dengan kreativitas tinggi yang dimiliki seseorang maka seseorang tersebut akan mempunyai pengembangan diri secara optimal. Mereka dapat mempergunakan ide-idenya untuk menciptakan kreasi baru demi kelangsungan hidup.

5. Kreativitas penting untuk dipahami bagi para pendidik (guru) terutama dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar dalam membimbing dan “mengantarkan” anak didik kepada pertumbuhan dan perkembangan prestasinya secara optimal.

MANFAAT KREATIVITAS
Seorang Albert Einstein berkata bahwa imajinasi lebih baik dibanding kecerdasan.  Imajinasi berkait dengan kreatifitas. Kreativitas memberikan banyak manfaat bagi individu maupun masyarakat luas. Berbagai manfaat dari kreativitas sebagai berikut:

Membuat Hidup Lebih Indah
Kreativitas akan membuat hidup menjadi lebih indah karena akan dikelilingi oleh hal-hal yang bervariasi dan tidak monoton. Menjalankan kegiatan yang penuh rutinitas akan membuat cepat merasa bosan, tidak semangat, dan pasif. Melakukan hal-hal kreatif yang bervariasi akan memberikan sesuatu yag baru dan segar. Selain bersekolah, sebagai remaja kita juga perlu mencoba hal-hal baru yang positif.

Meningkatkan Apresiasi terhadap Ide Orang Lain
Kreativitas akan meningkatkan pengertian dan apresiasi akan berbagai gagasan orang lain. Orang yang kreatif pasti bisa menerima dan menghargai ide-ide orang lain, tanpa memandang siapapun yang memberikan ide tersebut.
Meningkatkan Motivasi dan Semangat Hidup
Kreativitas akan meningkatkan semangat atau motivasi hidup. Orang yang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang, sebab ia bisa menciptakan peluang sendiri. Orang yang kreatif tidak takut menghadapi masalah karena ia mampu menyelesaikan masalah dengan daya kreatifnya.

Salah Satu Faktor Kesuksesan Usaha
Semakin hari kreativtas dalam dunia usaha akan semakin diperlukan. Dalam dunia bisnis kreativitas menjadi salah satu faktor kesuksesan usaha. Semua kegiatan usaha memerlukan kreativitas, mulai penciptaan barang atau jasa, cara produksinya, cara pemasaran, cara pembayaran, dan menjaga kesetiaan pembeli untuk terus menggunakan produknya. Dengan semakin meningkatnya persaingan usaha, kreativitas mutlak diperlukan oleh seorang wirausaha untuk memenangkan persaingan.

Awal Terjadinya Inovasi dan Perubahan
Kreativitas menjadi langkah awal terjadinya inovasi (penemuan) perubahan-perubahan. Inovasi adalah hasil pendayagunaan kreativitas tertentu sehingga menjadi sebuah cara, proses, produk, atau sumber nilai baru, yang berbeda dari sebelumnya.

Meningkatkan Kualitas dan Taraf Hidup Manusia
Kreativitas berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia. Salah satu ciri karya yang kreatif adalah yang memberikan manfaat sosial sebab jika tidak memberikan manfaat, tidak ada artinya.

CARA UNTUK MENJADI KREATIF
Berikut adalah sembilan cara untuk mendapatkan kreativitas anda mengalir.

1. Ambil istirahat.

Tapi bukan sembarang istirahat: Istirahat yang mempengaruhi kreativitas meliputi kegiatan yang memerlukan cukup gerak – namun justru tidak terlalu mengasyikkan seperti berjalan-jalan atau berkebun, kata Schooler.

2. Tidur sebentar.

Tidak ada yang dapat mencegah krisis di siang hari dengan ucapan “Saya bosaaan”, dan hal yang sama juga bisa menimpa anda. “Orang-oranglebih produktif dan kreatif setelah tidur siang,” kata Schooler. Tidur sebentar dapat membantu anda menyelesaikan masalah dimana anda tidak bisa melakukannya ketika terjaga. Mengapa? Karena pikiran anda bisa berjalan liar ketika anda bermimpi. Namun tentu saja bagi anda yang bekerja di kantor, harus memiliki trik-trik khusus agar anda dapat melakukan aktivitas ini.

3. Meditasi

Jika anda tidak punya waktu untuk meditasi, ambil beberapa menit untuk menenangkan pikiran anda. Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. “Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas anda,” kata Schooler.

4. Buat sedikit kebisingan

Diam justru dapat “memekakkan” telinga. Menurut penelitian terbaru, dikatakan bahwa bekerja di lingkungan yang cukup bising membantu orang menjadi lebih produktif dan kreatif. Tingkat kebisingan yang optimal cocok dengan sebuah kedai kopi, tetapi jika anda tidak bisa bekerja di dalam Starbucks, pergilah ke kantin kantor anda atau sekedar membuka pintu ruang kerja anda. Kuncinya adalah membiarkan otak anda mendapat masukan dari ketidakpastian yang ada di sekitar anda.

5. Go green

Melihat benda-benda hijau akan meningkatkan pikiran yang kreatif, begitu kata sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini. Otak kita mengasosiasikan warna dengan alam dan pertumbuhan, yang memacu inovasi. Yang diperlukan hanyalah dua detik untuk melihat sesuatu yang hijau, jadi lanjutkanlah menatap tanaman.

6. Maksimalkan berkendara anda

Siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik menuju pekerjaan anda atau toko serba ada langganan anda. Merubah rute berkendara anda menuju suatu lokasi akan membantu meningkatkan kreativitas anda, terutama jika anda terbiasa mengambil jalan besar yang cenderung membosankan, kata Schooler.

7. Log out

Bermain facebook atau game komputer tidak akan membuat otak menjadi lebih kreatif. “Banyak situs hiburan mungkin akan cukup menarik,” kata Schooler. Di banding melakukan hal tersebut, sebaliknya lakukanlah doodling (menggambar sambil melamun atau sambil bercakap-cakap atau sambil memikirkan sesuatu).

8. Bermimpi kecil

Tutup mata anda dan bayangkan masa depan anda. Apa yang anda lihat? Nah, akan lebih kreatif jika anda terus seperti ini. “Ketika orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal itu menyebabkan pikiran untuk beralih ke cara berpikir global yang bisa sangat berguna,” kata Schooler. Tapi membayangkan apa yang akan anda makan untuk makan siang anda besok tidak masuk hitungan. Mimpikan masa depan yang sangat jauh – seperti lima tahun atau lebih – untuk hasil terbaik.

Semoga bermanfaat.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Remaja Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template